Belajar Komputer Untuk Pemula

Sabtu, 03 November 2018

Macam Macam Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI

Macam Macam Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI - Dalam mengelola jaringan, administrator jaringan biasanya bergantung pada sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan (Network Operating System) adalah jenis sistem operasi komputer yang dimaksudkan untuk menangani jaringan komputer.

Umumnya, sistem operasi ini terdiri dari banyak layanan yang ditujukan untuk melayani pengguna jaringan komputer, misalnya seperti layanan file sharing, layanan sharing printer, DNS (Domain Name Server), HTTP, dan lain-lain.

Ada fungsi sistem operasi jaringan sebagai berikut: Baca dalam artikel : pengertian sistem operasi jaringan dan fungsinya

Saat ini, beberapa perusahaan menggunakan sistem operasi jaringan dalam operasinya. Entah itu CLI (Command Line Interface atau teks) atau GUI (Graphical User Interface) berdasarkan.

Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas berbagai jenis sistem operasi jaringan berbasis GUI. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Macam Macam Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI


1. RedHat Linux
Macam Macam Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI
Redhat adalah salahsatu dari macam macam sistem operasi jaringan berbasis GUI

Redhat Linux adalah sistem operasi jaringan berbasis GUI yang paling banyak digunakan. Dengan tingginya biaya perangkat lunak dan sistem operasi Microsoft Windows, mendorong banyak pengguna komputer baik agensi, perusahaan dan kantor untuk beralih ke Linux.

Redhat adalah perusahaan yang mengembangkan sistem operasi open source yang telah lama mengembangkan Linux. OS ini juga merupakan standar atau dasar untuk mengembangkan berbagai distro Linux lainnya, termasuk Mandrake-Linux, ASP-Linux dan lain-lain.

Nama Red Hat sendiri adalah salah satu nama perusahaan terbesar dan dikenal karena dedikasinya terhadap perangkat lunak sumber bebas (sumber oper). Red Hat didirikan pada tahun 1993 dan berbasis di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat.

Spesifikasi ini adalah sebagai berikut:

Prosesor: Pentium I 200 (untuk mode teks) atau Pentium II 400 (untuk mode grafis). Tipe Pentium III yang direkomendasikan adalah 600 MB ke atas.

Hard drive: 475 MB (untuk instalasi khusus); 850MB (untuk server); 1,7 GB (Untuk Desktop Pribadi); 2,1 GB (Untuk Workstation). Yang direkomendasikan adalah 10 GB ke atas.

RAM: 64MB (untuk mode teks); 128 MB (Untuk mode grafis); Disarankan adalah 192 MB


2. Windows Server 2003
macam macam sistem operasi jaringan berbasis GUI
windows server 2003 adalah salahsatu dari sistem operasi jaringan berbasis GUI

Windows Server 2003 adalah salah satu versi dari sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk server yang digunakan oleh perusahaan. Jumlah versi internalnya sendiri adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790.

Sebelumnya, OS ini dikenal sebagai .NET Server, Windows .NET Server, Windows XP Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server yang juga digunakan sebagai sistem operasi server.

Windows Server 2003 memiliki nama kode "Whistler Server" yang mulai bekerja pada akhir tahun 2000. Tujuan dari hal ini adalah Microsoft ingin membuat platform .NET dengan menyediakan infrastruktur jaringan yang dibentuk dari Windows Server dan Windows Workstation.

Proyek ini pernah dianggap sangat ambisius, karena Microsoft ingin mengembangkan dua sistem operasi sekaligus, yaitu Whistler Server dan Whistler Workstation. Akhirnya, beberapa kali sistem operasi ditunda.

Karena jadwal pengembangannya yang ketat, awalnya hanya sistem operasi Whistler Workstation yang dirilis pada tahun berikutnya dengan nama produk yang kita kenal sekarang sebagai Windows XP, yang ditujukan untuk kalangan konsumen rumah dan perusahaan.

Windows Server 2003 terdiri dari beberapa produk berbeda, yang memiliki fitur unggulan yang berbeda di setiap produk. Produk-produk ini adalah sebagai berikut:

  1. Windows Server 2003 Edisi Standar
  2. Windows Server 2003 Enterprise Edition
  3. Windows Server 2003 Datacenter Edition
  4. Windows Server 2003 Web Edition
  5. Windows Small Business Server 2003
  6. Windows Storage Server 2003


Diskusi tentang kelebihan dan kekurangan Windows Server telah dibahas dalam artikel terpisah di situs ini. Anda dapat membacanya melalui tautan yang kami sediakan.

3. LAN Manager
LAN Manager adalah sistem operasi jaringan berbasis GUI yang dikembangkan oleh Microsoft bersama dengan 3Com Corporation. Manajer LAN dibuat sebagai penerus 3 + Berbagi perangkat lunak server jaringan yang dapat beroperasi dengan sistem operasi MS-DOS.

Manajer LAN didasarkan pada IBM OS / 2 dan protokol NetBEUI. Ini sama dengan OS pendahulunya, yaitu MS-NET untuk MS-DOS dan Xenix-NET untuk Xenix. Selain itu, ada juga produk LAN Manager / X (LMX) yang ditujukan untuk sistem operasi UNIX.

Pada tahun 1990, Microsoft meluncurkan LAN Manager 2.0 yang menawarkan banyak keuntungan. Versi terbaru dari LAN Manager, yang versi 2.2, termasuk dalam OS / 2 1.31 yang kemudian menjadi sistem operasi server Microsoft. LAN Manager kemudian digantikan oleh Windows NT Server pada tahun 1994.

Beberapa vendor yang menjual versi LAN Manager adalah sebagai berikut:

  1. 3Com 3 + Buka
  2. HP LAN Manager / X
  3. Server LAN IBM
  4. Permadani Torus


4. Novell Netware
sistem operasi jaringan berbasis GUI
Novell netware adalah salahsatu dari sistem operasi jaringan berbasis GUI

Novell Netware adalah sistem operasi jaringan yang digunakan dalam komputer PC IBM. Sistem operasi ini dikembangkan dan dibuat oleh Novell Inc.

OS jaringan ini didasarkan pada protokol jaringan Xerox XNS. Versi terbaru Novell Netware dirilis pada bulan April 2007, yang merupakan versi 6,5 Dukungan Paket 6, yang identik dengan OES-Netware Kernel Support Pack 2.

Novell Netware digunakan sebagai "Sistem Operasi Jaringan Berbasis LAN" atau sistem operasi jaringan berbasis LAN. Novell Netware secara luas digunakan pada awal hingga pertengahan 1990-an sebelum digantikan oleh Open Enterprise Server (OES).

Itulah semua pembahasan Macam Macam Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam Macam Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI

0 komentar:

Posting Komentar