Belajar Komputer Untuk Pemula

Jumat, 02 November 2018

Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya - Buat kamu yang sering mendengar berita-berita mengenai gadget pasti sering mendengar ada smartphone yang sekarang ini bersaing secara ketat yaitu Android dan juga Apple. 

Mungkin ada juga yang menyangka jika Android dan Apple itu nama merk sebuah handphone. Padahal Android dan juga Apple merupakan sistem operasi yang digunakan pada smartphone.

Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya
OS

Sistem operasi atau juga sering disingkat OS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mempermudah komunikasi antara perangkat dengan aplikasi dan juga dihubungkan dengan pengguna atau user. 

Selain itu, OS ini berperan penting dalam menjalankan suatu aplikasi agar dapat berjalan dengan baik.

Dengan kata lain, ketika komputer atau gadget baru bisa dijalankan dengan baik ketika sudah tertanam sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi, pengguna akan kesulitan menjalankan sebuah aplikasi. 

Pada saat komputer atau sebuah gadget dinyalakan pertama kali, maka sistem operasi juga ikut berjalan.

Fungsi dasar sistem operasi :
  1. sebagai jembatan antara perangkat keras dan program aplikasi yang dijalankan user.
  2. mengatur penggunaan perangkat keras oleh user.
  3. sebagai program pengendali untuk menghindari kesalahan dan penggunaan sumber daya komputer yang tidak perlu.
  4. sebagai manajer sumber daya hardware, seperti mengatur perangkat-perangkat pendukung seperti memori, printer, CD-ROM, dan lain sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi Komputer 

Tentunya sistem operasi memiliki yang sangat berarti untuk komputer dan juga gadget. Selain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi sistem operasi yang lainnya adalah sebagai berikut.

1. Dapat menjalankan operasi dasar sistem
Inilah salah satu fungsi utama adanya sistem operasi. Sistem dasar suatu komputer dan juga gadget merupakan komponen yang sangat penting dalam kinerjanya, Sebelum masuk ke fungsi-fungsi yang lain, sistem dasar komputer harus berjalan terlebih dahulu supaya nantinya aplikasi maupun program yang lain dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2. Memudahkan pengguna
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, dengan adanya sistem operasi, para pengguna dapat dengan mudah menjalankan suatu program maupun aplikasi di dalam komputer maupun gadget. 

Selain itu, tampilan di dalam komputer yang selama ini kita lihat juga merupakan hasil dari sistem operasi. Tampilan interface yang selama ini diperlihatkan merupakan hasil terjemahan dari sebuah bahasa pemrograman yang awalnya dari CPU. Kemudian diolah kembali oleh sistem operasi sehingga dapat kita menegerti sampai saat ini.

3. Tempat jalannya suatu program
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tanpa adanya sistem operasi, maka suatu program atau aplikasi akan sulit untuk dijalankan. Sebab, sistem operasi diibaratkan seperti wadah yang menopang sebuah aplikasi. Oleh sebab itu, sistem operasi harus ada di dalam komputer.

4. Mengawasi jalannya suatu program
Mungkin kamu pernah melihat ketika ada suatu aplikasi yang error, muncul pesan peringatan dari komputer, Lalu peringatan adanya virus, peringatan ketika akan menghapus suatu file, dan lain-lain. 

Peringatan-peingatan semacam itu juga merupakan fungsi dari sistem operasi. Sistem operasi sudah didesain sedemikian rupa agar menjadi pengawas apabila pengguna melakukan kesalahan. Contohnya, kita tidak sengaja menghapus file padahal kita tidak bermaksud menghapusnya, namun karena sebelumnya sudah ada peringatan terlebih dahulu, file tersebut tidak jadi terhapus.

Tujuan Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai 3 tujuan dasar yaitu :
Efisiensi, dengan adanya sistem operasi maka penggunaan sumber daya sistem komputer menjadi lebih efisien dan terpakai maksimal.

Kemudahan, dengan adanya sistem operasi dapat memudahkan pengguna komputer dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kemampuan berevolusi, dengan adanya sistem operasi selain memudahkan pengguna dapat juga suatu saat sistem operasi akan bekerja secara cerdas tanpa harus memasukan perintah-perintah yang dibutuhkan.

Baca juga: jenis jenis sistem operasi komputer dan penjelasannya

Demikian artikel tentang pengertian sistem operasi komputer dan fungsinya yang bisa saya tulis. Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar