Belajar Komputer Untuk Pemula

Sabtu, 03 November 2018

Jenis Jenis Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan CLI

Jenis Jenis Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan CLI - Masih membahas sistem operasi jaringan. Perlu anda ketahui, ternyata sistem operasi jaringan memiliki beberapa jenis. Yaitu berbasis GUI atau Graphical User Interface dan CLI atau Command Linte Interface. Dan artikel ini akan membahas kedua-duanya.

Lalu apa sajakah jenis sistem operasi berbasis GUI dan CLI? Simak pembahasannya dibawah ini.

Sistem operasi jaringan adalah sistem sumber daya yang terkandung dalam sistem komputer dan menyediakan satu set pengaturan untuk pengguna yang membuatnya mudah dan juga memberikan kenyamanan dalam aplikasi berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan.

Prinsip kerja jaringan komputer pada umumnya membantu menghubungkan berbagai perangkat untuk dapat berinteraksi satu sama lain.

Baca lebih lengkap mengenai pengertian sistem operasi jaringan!

Jenis Jenis Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan CLI

Jenis sistem operasi jaringan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) yang merupakan sistem operasi jaringan dengan tampilan grafis. Serta sistem operasi jaringan berbasis CLI (Command Linte Interface) yang merupakan sistem operasi jaringan dengan tampilan perintah teks.

1. Sistem Operasi Jaringan Berbasis Grafis
Sistem operasi jaringan berbasis grafis sesuai namanya menggunakan gambar / tampilan grafis untuk memudahkan proses konfigurasi atau penggunaan sistem operasi jaringan ini.

Pengguna tidak diharuskan untuk menghafal sintaks-sintaks atau perintah bahasa pemrograman tertentu yang biasa digunakan pada sistem operasi jaringan seperti yang ditemukan pada sistem operasi jaringan berbasis teks.

Berikut adalah beberapa contoh sistem operasi jaringan berbasis GUI.

Jenis Jenis Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan CLI
Redhat adalah salahsatu contoh sistem operasi jaringan berbasis GUI


  1. Redhat Linux
  2. Windows NT 3.51
  3. Windows 200 (NT 5.0)
  4. Windows Server 2003
  5. Windows XP
  6. Microsoft MS-NET
  7. Manajer LAN Microsoft
  8. Novel netware

2. Sistem Operasi Jaringan Berbasis Teks
Sistem operasi jaringan berbasis teks seperti namanya menggunakan perintah dalam bentuk teks atau perintah DOS yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan untuk melakukan proses konfigurasi.

Pengguna sering diharapkan untuk menghafal sintax-synax atau perintah DOS yang sering digunakan untuk menjalankan sistem operasi jaringan berbasis teks dengan benar.

Berikut adalah beberapa contoh sistem operasi jaringan berbasis teks.

  1. Debian Linux
  2. Suse Linux
  3. Sun Solaris
  4. Mandrake Linux
  5. Knoppix
  6. MacOS
  7. UNIX
  8. Windows NT
  9. Windows 2000 Server
  10. Server Windows 2003
Demikian artikel singkat dari saya mengenai jenis sistem operasi jaringan berbasis gui dan cli. Semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih karena anda sudah membaca artikel ini. Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Jenis Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan CLI

0 komentar:

Posting Komentar