Belajar Komputer Untuk Pemula

Jumat, 02 November 2018

Pengertian Sistem Operasi Server Dan Fungsinya

Sistem operasi server adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengelola dan mengelola konfigurasi server dari perangkat yang terhubung ke komputer / server utama pada jaringan.

Pengertian Sistem Operasi Server Dan Fungsinya

Dalam pengertianya server adalah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam jaringan komputer. Dalam hal ini server menjalankan perangkat lunak administratif yang memiliki tugas mengendalikan akses ke jaringan tempat ia terhubung dan sumber daya yang ada di dalamnya.

Sistem operasi server yang biasa disebut sebagai server OS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk menjalankan perangkat lunak pada server.

Umumnya sistem operasi server dibuat untuk mendukung kinerja dan pengoperasian komputer server yang terhubung ke jaringan. Oleh karena itu, untuk dapat menjalankan sistem ini dengan benar, diperlukan sistem operasi khusus yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas manajemen server jaringan.

Pengertian Sistem Operasi Server Dan Fungsinya


Penggunaan Sistem Operasi Server

Penggunaan sistem operasi server sangat dekat dengan komputer server dan perangkat klien. Oleh karena itu, penting juga untuk setidaknya memahami perbedaan antara komputer server dan klien.

Dalam hal ini komputer server yang dimaksud adalah komputer yang dirancang khusus dengan kinerja tinggi untuk membantu mengelola dan penyedia layanan dari sistem jaringan di mana ia terhubung.

Komputer server memiliki tugas penting dalam jaringan komputer. Beberapa dari mereka bertindak sebagai pengendali lalu lintas data serta penyedia sumber daya yang akan digunakan oleh komputer klien dan perangkat lain yang telah terhubung ke sistem jaringan. 

Kinerja tinggi dari komputer server adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan dalam cara memilih komputer server.

Komputer server itu sendiri diperlukan untuk memiliki spesifikasi perangkat keras yang tinggi bila dibandingkan dengan komputer-komputer klien di mana ia terhubung. Performa tinggi yang dimaksud seperti kecepatan prosesor, kapasitas hard disk dan juga ukuran memori yang digunakan.

Tidak hanya itu, perangkat lunak yang digunakan harus memiliki fitur khusus dan juga tahan terhadap serangan yang mungkin dapat dilakukan oleh peretas, baik yang berasal dari dalam jaringan maupun dari luar jaringan. 

Fungsi komputer server sangat penting dalam sistem jaringan berdasarkan client / server. Berikut ini adalah fungsi dari komputer server.

Sajikan dan kendalikan sebagian besar komponen pada sistem jaringan
Membantu melayani berbagai permintaan yang berasal dari komputer workstation yang telah terhubung ke sistem jaringan.

Membantu mengontrol satu sistem koneksi komputer dengan komputer lain.

Baca juga: pengertian sistem operasi komputer

Fungsi Sistem Operasi Server

Setelah kita membahas pengertian sistem operasi server dan penggunaannya dalam diskusi sebelumnya, maka kita akan membahas fungsi-fungsi sistem operasi server. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama yang dimiliki oleh sistem operasi server.

  1. Menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk mengakses dan mengelola server baik di GUI (Graphical User Interface) atau melalui CLI (Command Line Interface).
  2. Membantu menjalankan sebagian besar proses layanan server dari perintah OS sesuai dengan arsitektur server.
  3. Membantu mengkonfigurasi layanan pada sistem jaringan server dengan cara yang canggih, baik dalam hal perangkat keras, perangkat lunak dan konfigurasi layanan jaringan.
  4. Membantu menginstal aplikasi instalasi bisnis dan juga aplikasi web.
  5. Menyediakan antarmuka terpusat yang dapat membantu pengguna baik eksekutif keamanan dan administrator untuk menjalankan berbagai proses termasuk proses administrasi umum.
  6. Membantu manajemen dan juga memonitor komputer atau perangkat klien yang terhubung ke sistem jaringan dan juga sistem operasi untuk menjalankan sistem jaringan.


Itu adalah diskusi tentang pengertian sistem operasi server dan fungsinya yang umum ditemukan. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi Server Dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar