Belajar Komputer Untuk Pemula

Jumat, 02 November 2018

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer Dan Penjelasannya

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer Dan Penjelasannya - Sistem operasi komputer adalah salah satu alat perangkat lunak yang paling penting dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, semua perangkat keras canggih tidak akan berfungsi secara maksimal. 

Sistem operasi, secara umum dapat diartikan sebagai perangkat lunak atau perangkat lunak yang berisi seluruh sistem yang dapat mengoperasikan serangkaian komputer.


Apa saja jenis sistem operasi komputer?

Saat ini, sistem operasi komputer tidak hanya digunakan pada komputer komputer pribadi dan desktop, tetapi juga digunakan pada smartphone yang banyak digunakan di era globalisasi saat ini. 

Jika dilihat melalui kontak atau antarmuka dengan pengguna, sistem operasi komputer dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

CLI
Antarmuka baris perintah atau CLI adalah jenis sistem operasi komputer yang memiliki kontak interaksi dengan pengguna atau antarmuka menggunakan perangkat keras berdasarkan huruf, angka, dan simbol. 

Saat ini, CLI sangat langka, dan bahkan tidak digunakan sama sekali, terutama untuk kebutuhan pengguna. CLI banyak digunakan untuk tujuan khusus, contoh sistem operasi berbasis CLI adalah sistem operasi DOS.

GUI
Antarmuka pengguna grafis adalah jenis sistem operasi komputer yang bergantung pada interaksi grafis antara pengguna atau pengguna. 

Pengguna bisa mendapatkan informasi lebih jelas dengan fitur grafis tambahan, dan juga pewarnaan, sehingga tidak monoton. GUI secara luas digunakan dalam sistem operasi saat ini, seperti Windows dan Mac OS.

Beberapa Jenis Sistem Operasi Komputer Paling Populer

Berikut ini adalah beberapa jenis dan juga beberapa jenis sistem operasi komputer yang populer dan juga banyak digunakan oleh berbagai pengguna di dunia, baik dari komputer desktop pribadi atau komputer yang disematkan di perangkat seluler, yang dikenal sebagai ponsel cerdas:

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer Dan Penjelasannya
Jenis OS


1. Windows
Siapa yang tidak tahu sistem operasi ini? Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling populer, dan banyak digunakan oleh berbagai kelompok pengguna.

Windows adalah pengembangan sistem operasi DOS, yang sudah mendukung fitur-fitur GUI. Mulai dari pertama kali diluncurkan, yaitu sangat 1.0, kini Windows telah memasuki tahap pengembangan terbaru, yaitu Windows versi 10.0


2. Mac OS
Adalah pesaing terdekat dari sistem operasi Windows. Mac OS atau Macintosh adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple, Inc. jika dilihat dari sejarah pembuatan dan pengembangan, Mac OS adalah sistem operasi pertama yang mendukung GUI atau sistem Antarmuka Pengguna Grafis.

3. Linux
Linux adalah sistem operasi yang open source. Ini berarti Linux memiliki kode sumber pemrograman yang dapat diubah dan dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Linux adalah jenis sistem operasi komputer yang gratis, dan memiliki biaya yang sangat rendah dibandingkan dengan Mac dan Windows.

4. Symbian
Symbian adalah sistem operasi pada smartphone. Bisa dibilang Symbian adalah jenis sistem operasi yang menjadi cikal bakal munculnya smartphone. Banyak digunakan pada perangkat Nokia dan juga Sony Ericsson. Symbian dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Symbian Ltd.

Namun, penggunaannya sekarang tidak populer, karena mudah diganti oleh ponsel cerdas berbasis Android, Windows, dan sistem operasi Apple seperti saat ini.

5. Android
Ini adalah salah satu sistem operasi pada smartphone, PC tablet, dan juga PC mini yang banyak digunakan dan sangat populer saat ini. 

Android adalah versi sistem operasi seluler dari Linux. Sama seperti Linux, sistem operasi Android mudah dikembangkan, jadi ini membuat banyak pengembang yang mengembangkan sistem operasi dengan menambahkan antarmuka tambahan ke sistem operasi Android.

Hampir semua perangkat smartphone, tablet PC dan juga PC mini menggunakan sistem operasi Android, karena biaya pengembangannya sangat irit, tetapi mampu memberikan fitur yang optimal. Saat ini Android telah mengembangkan dan mencapai versi Android ke-6.

6. Palm
Palm adalah salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming pendek. Palm saat ini sangat tidak populer, karena belum bersaing dengan sistem operasi lain. Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi dari Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.

7. Windows Mobile
Adalah sistem operasi pada ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Windows versi seluler. Windows Mobile pertama kali diluncurkan sebagai sistem operasi Windows Pocet PC, yang diluncurkan pada tahun 2000. 

Hingga kini, penggunaan Windows Mobile lebih dikenal sebagai Windows Phone, yang memiliki versi ke-10.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer Dan Penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar